Tips Mengatasi Deman Anak Ala Ibu Rumah Tangga

Tips Mengatasi Deman Anak Ala Ibu Rumah Tangga

Tips Mengatasi Deman Anak Ala Ibu Rumah Tangga – Deman adalah penyakit ringan yang sering diderita anak, khususnya balita. Setiap kali ada pertumbuhan seperti tumbuh gigi, akan merangkak, belajar berjalan asti demam sebagai suatu tanda alami yang dilakukan tubuh. Walaupun tidak berbahaya, sering kali orang tua maupun orang sekitar khawatir akan demam. Padahal ada loh, tips yang dilakukan ala ibu rumah tangga mengatasi demam pada anak-anak. Dijamin ampuh, berikut ada tips yang dapat diterapkan, yaitu:
– Usahakan Anak Mendapat Cairan Secara Cukup
Cairan yang cukup membantu demam berangsur turun secara alami, untuk itulah pastikan ibu memberikan cairan yang cukup pada anak ya. Usahakan air putih atau teh hangat agar buah hati tenang, sementara jika anak masih menyusu harus sesering mungkin memberikan ASI pada anak sehingga ia tidak dehidrasi.
Saat si kecil demam sebaiknya tidak menggunakan popok terlebih dahulu. Alasannya popok membuat anak tidak nyaman, setelah demamnya sembuh barulah dipakaikan popok lagi.   

– Tidak Menggunakan Pakaian Tebal
Umumnya, orang tua akan memakaikan pakaian tebal saat anak demam. Padahal pakaian tebal membuat suasana anak semakin panas dan menghambat panas turun, maka pilihlah pakian yang tidak tebal sehingga nyaman dipakai anak. Pastikan ibu selalu mendekap anak ya agar ia merasa nyaman dan tenang karena dekapan ibu membuat demam berangsur turun.

– Tetap Tenang
Sebagai seorang ibu diharuskan tetap tenang saat si kecil demam sehingga anak tidak rewel dan merasa gelisah karena temperatur suhunya yang tinggi. Usahakan tetap tenang walaupun hatinya ikut sedih melihat buah hati demam, pasalnya ikatan batin ibu dengan anaknya sangat erat sehingga ketenangan sang ibu membuat anak lega. Mereka juga percaya demam yang dialaminya akan membaik dengan cepat.   

– Memberikan Obat Penurun Panas
Perkmbangan zaman membuat ibu rumah tangga tidak khawatir lagi mengatasi anaknya yang demam, pasalnya kini berdear obat penurun panas. Bahkan ada loh obat penurun panas untuk balita usia 0 sampai 8 bulan, dengan begitu sang ibu dapat tenang dan demam anak cepat membaik.

Namun perlu hati-hati memilih obat untuk balita, pasalnya tak semua balita cocok dengan obat berbahan kimia. Maka pilihlah obat yang sudah familiar dan selalu digunkaan orang tua untuk menurunkan demam pada balita dan anak-anak.

– Berkonsultasi Dengan dokter
Tips yang terakhir ini paling disukai ibu rumah tangga karena tanpa kekhawatiran salah prediksi maupun salah memberikan obat pada buah hati, selain itu konsultasi dengan dokter membuat kaum ibu lega. Dokter akan memberikan penjelasan penyebab demam pada anak anda, dan cara mengatasinya saat di rumah. Kaum ibu pasti lega dan akan menerapkan arahan dari dokter ketika di rumah.

Usahakan menggunakan dokter khusus anak-anak ya, pasalnya dokter anak akan memberikan arahan dan pengobatan yang tepat sesuai umur anak. Dengan begitu kesembuhan si kecil lebih cepat tanpa menimbulkan efek samping yang membuat orang tua khawatir.

Demam pada anak memang masalah yang sering melanda anak-anak, tetapi sebagai orang tua pasti tidak sanggup melihat anaknya demam dan rewel. Alhasil seorang ibu akan melakukan segala hal termasuk selalu menggendongnya agar mereka tenang dan nyaman dalam dekapannya. Untuk itulah ke 5 tips diatas dapat dijadikan acuan saat anak demam, dengan begitu anda tidak akan khawatir karena mengetahui solusi tepatnya secara ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *