Tips Ibu Mengatasi Anak Yang Bandel

Tips Ibu Mengatasi Anak Yang Bandel

Tips Ibu Mengatasi Anak Yang Bandel – Umumnya saat anak rewel dan susah diatur, ibu sering kali marah dan mencubit mereka. Usahakan tidak keras pada mereka karena memarahi mereka tak akan membuat buah hati nurut. Justru mereka semakin membangkang dan susah diatur.Sebagai seorang ibu sudah sepatutnya melakukan pendekatan yang baik dan memberikan nasehat dengan lembut. Bijaklah menasehati anak mengenai yng dilakukannya tidak baik. Usahakan anda jangan terbawa emosi dan konsisten melakukan pndekatan pada buah hati. Seiring berjalannya waktu, buah hati akan manut pada perintah ibu dan anda akan merasakan hasilnya melihat anak-anak tumbuh dewasa dan disenangi semua orang. Berikut ada tips bagi ibu saat mengatasi anaknya bandel, yaitu:

– Memberikan Peraturan Khusus Pada Anak
Memberikan peraturan khusus pada anak menjadi tips bagi ibu rumah tangga mengatasi anaknya yang bandel. Usahakan peraturan yang dibuat memiliki konskuensi agar anak berusaha tidak nakal atau jahil. Sementara ibu maupun ayah diusahakan sabar sehingga anak-anak mudah dikendalikan oleh ibu. Konsistenlah mematuhi peraturan supaya anak mengingat batasannya. Jika anak mulai mengikuti aturan anda, berikanlah mereka hadiah sebagai penghargaan mereka berhasil mengerjakan tugas dengan baik sehingga mereka senang dan semangat.

– Menunjukkan Sikap Yang Lembut Pada Anak
Sering kali ibu murka saat anak-anak nakal di tempat umum, alasannya karena malu dilihat banyak orang. Padahal kasar pada mereka membuat anda dikira sebagai ibu yang galak, usahakan tetap lembut dan menasehati anak dengan bijak agar mereka tidak melakukan hal nakal lagi. perlu diketahui, biasanya mereka nakal bukan karena kemuan sendiri. Misalnya rebutan mainan dengan teman sebaya maupun membantu anak lain yang dinakali, untuk itulah bunda harus bijak menasehatinya. Dengan begitu tidak membuat mental anak buruk akibat selalu dimarahi sang ibu.

– Tidak Terlalu Memanjakan Anak
Sebagian ibu terlalu memanjakan buah hati sehingga anak ketergantuan dengan sang ibu, malahan anak akan minder dan tidak mau bergaul. Bahkan terlalu memanjakan anak dapat memicu anak nakal loh, sebaiknya lembut tetapi tegas dalam mendidika buah hati sehingga mereka mampu menempatkan suatu hal pada tempatnya.

Manjakanlah sewaktu-waktu saja agar anak tidak menjadi anak mami, misalnya disaat mereka mendapat prestasi bagus di sekolah atau mampu menjuarai segaal hal mengenai pendidikan. Sah-sah saja memanjakan anak agar membuat mereka selalu semangat belajar dan berusaha.

– Memberikan Contoh Yang Baik Pada Anak
Jangan salah loh, sebagai ibu harus memberikan contoh yang baik sehingga ditiru oleh anak-anaknya. Bayangkan saja jika, ibu memiliki perilaku yang buruk, pastinya anak-anak akan meniru dan berdalih mengikuti gaya hidup ibu jika dinasehati. Maka jalani hari-hari dengan baik, misalnya bangun pagi diikuti sholat subuh, tidak menonton televisi di jam belajar dan hal baik lainnya. dengan begitu anak-anak akan mengikuti kebiasaan sang ibu.

– Tidak Menobatkan Sesuai Perilakunya
Terkadang seorang ibu malah menobatkan anak sesuai dengan perilakunya, misalnya disaat anak anda nakal dan tidak dapat diatur. Umumnya ibu selalu menyebut sebagai anak nakal. Padahal hal tersebut termasuk doa ibu secara langsung loh. Perlu diingat, sebaiknya tidak menobatkan anak sesuai dengan perilakunya karena doa ibu mustajab loh walaupun tidak secara langsung. Teruslah mendidik anak dengan lembut dan bicarakan bahwa anak anda adalah anak yang nurut.

Dengan kasih sayang dan kelembutan ibu, dipastikan anak berbakti pada orang tua. Pastinya mematuhi perintah orang tuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *